TUGAS DARI CUSTOMER SERVICE YANG WAJIB KAMU KETAHUI

TUGAS DARI CUSTOMER SERVICE YANG WAJIB KAMU KETAHUI

TUGAS DARI CUSTOMER SERVICE YANG WAJIB KAMU KETAHUI –  Saat ini, dalam bisnis yang namanya persaingan akan semakin bertambah ketat. Dapat kita lihat beberapa perubahan dan perkembangan dalam bidang internet yang kita semua dituntut untuk mengikutinya. Salah satu hal yang berubah adalah dari segi pelayanan (Customer Service) yang perlahan berpindah dari offline ke online.

Perusahaan yang baik pastinya akan memiliki customer service yang baik pula. Sebagus apapun jasa atau produk yang anda jual tetap tidak akan menarik dimata konsumen jika dalam hal pelayanan buruk, dari sini dapat disimpulkan pelayanan yang baik dan memuaskan adalah hal yang tidak dapat dipisahkan.

 

Sebelum kita lanjut, ada baiknya anda tahu terlebih dahulu apa itu customer service adalah aktivitas yang dilakukan untuk memberikan pelayanan dan kepuasan kepada konsumen. Customer service adalah jembatan antara pembisnis dengan konsumen.

 

Saat ini perusahaan pasti memiliki website setidaknya sosial media internet  untuk perusahaan mereka, yang dimana customer service bertujuan untuk menjawab pertanyaan dari konsumen jika ada yang kurang jelas dari website dan menjawab jika ada yang menanyakan produk yang dijual secara online disosial media.

 

Tugas Customer Service

 

Selain menjawab chat dari website dan sosial media, customer service masih memiliki tugas lainnya yang perlu Anda ketahhui. Apa saja tugasnya? Mari kita bahas dibawah ini:

 

Menerima Tamu (Resepsionis)

Customer service juga harus bisa menerima tamu, tidak hanya online saja CS juga dibutuhkan saat offline jika ada tamu atau konsumen yang datang. Jadi seorang CS harus dituntut sopan, ramah dan memahami produk atau jasa yang akan ditawarkan kekonsumen. CS biasanya diletakkan diposisi paling depan agar langsung bisa berhadapan dengan tamu.

Komunikator

Selain menjadi penerima tamu, CS juga dituntut untuk menjadi salah satu orang yang siap menerima keluhan dan keresahaan dari konsumen.

 

Customer Relation Office

Karena tugas dari customer service selalu berhubungan dengan konsumen, maka CS dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik, ramah dan murah senyum. Karena baik buruknya perusahaan akan tercermin dari pelayanan CS.

 

Nah demikian pembahasan mengani tips memilih customer service yang baik dan handal. Apakah sudah ada gambaran mengenani customer service?

 

Penulis    : Ms. Ayu ( Customer Service English Academy )

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *