Alasan Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional

Alasan Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional

Alasan Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional – Heyho Ranger’s pernah kepikiran gak sih, kenapa ada satu bahasa yang menjadi bahasa internasional, hemm apakah dahulu kala ada pemungutan suara untuk menentukan Bahasa Internasional atau ada beberapa bahasa yang di undi untuk menjadi bahasa Internasional. Jelasnya banyak orang yang menyarankan kita untuk belajar bahasa Inggris.

Dan kenapa dizaman sekarang kita harus belajar bahasa Inggris? untuk menjawab pertanyaan tersebut simak artikel dibawah ini ya….
Perjalanan Bahasa Inggris sehingga dapat menjadi bahasa Internasional, setidaknya ada tiga Alasan Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional :

1. Kejayaan Imperialisme Britinia Raya

Dahulu kala britinia raya pernah membangun imperium dan menguasai setidaknya 24% wilayah yang ada dibumi. Wilayah yang besar bukan?

Dimulai sekitar abad ke 16, negara-negara di Eropa mereka sedang berlomba-lomba unruk mengeksplorasi negara yang ada diluar. Mereka penasaran apa saja yang dapat mereka temui diluar sana?
Mereka melakukan penjelajahan dengan maksud mencari sumber daya alam, menyebarkan agama, serta mencari daerah yang dapat mereka kuasai.
Singkat cerita Britinia Raya mulai menemukan berbagai daerah yang mereka dapat kuasai. Disamping itu Britinia Raya, juga bersaing dengan negara eropa lainnya seperti : Amerika, Prancis, Spanyol, dan Potugis.

Nah, sampai di sini mungkin kamu sudah mulai tau penyebaran bahasa Inggris. Yap bener banget, berhubung Britania Raya membuat koloni di berbagai wilayah, bahasa Inggris pun ikut terbawa dan tersebar. Kesuksesan Britania Raya untuk menjajah wilayah-wilayah di berbagai belahan dunia berperan besar terhadap tersebarnya bahasa Inggris.

2. Pengaruh Besar Amerika Serikat

Hingga saat ini di tahun 2022, Amerika Serikat sudah bertahun-tahun menjadi negara terkuat di dunia. Berbagai survei dan hasil statistik menempatkan Amerika Serikat di posisi nomor satu dengan dukungan kekuatan ekonomi, teknologi, dan militer yang kuat.

Cara tahunya gimana kalo amerika serikat menjadi negara terkuat? Sangat mudah. Selain dari penelitian dan statistik yang disediakan oleh berbagai lembaga, kita tinggal lihat, dengar, dan observasi baik-baik di sekitar kita melalui internet.

Contohnya, di bidang pendidikan dan teknologi. Universitas mana yang terkenal? Harvard? Princeton? Stanford? Lalu, di bidang teknologi pun ada NASA, Microsoft, dan lain-lain.

Terus di bidang ekonomi pun ada berbagai perusahaan seperti Microsoft, Apple, Google, Amazon, Meta, McDonald’s, Starbuck, dan masih banyak lagi. Banyak banget produk perusahaan besar dari Amerika Serikat yang tersebar dan dipakai di mana-mana.

Nggak cuma pendidikan dan bisnis, di bidang hiburan pun Amerika sukses banget. Siapa sih yang nggak tahu Hollywood? Penikmat film, series, variety show, dan reality show Amerika Serikat, ingat juga penyanyi dan artis terkenal di dunia pun banyak yang dari Amerika Serikat.

Hal ini membuat orang-orang di dunia mau nggak mau pasti pernah ketemu atau bersinggungan dengan penggunaan bahasa Inggris. Orang-orang pun juga berlomba-lomba belajar bahasa Inggris supaya bisa dengan mudah menembpuh pendidikan, memperlancar pekerjaan, maupun menikmati karya seni dari Amerika Serikat.

3. Tingkat Pengguna Semakin Meningkat

Nah tadikan kita sudah membahas kejayaan Britinia Raya hinggga Pengaruh Besar Amerika Serikat yang memiliki peranan penting dalam perkembangan Bahasa Inggris.
Sama halnya seperti pribahasa Indonesia “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit” penggunaan bahasa Inggris ini terus meningkat dari tahun ke tahun.

Bayangkan saja, dari lama sudah banyak negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris karena sejarah masa lalunya dengan Britania Raya. Ditambah lagi pengaruh besar dari Amerika Serikat. Di tahun 2022 ini pun, penggunaan bahasa Inggris tetap tertinggi dibandingkan bahasa lainnya.

Berhubung bahasa Inggris dipakai hampir diseluruh dunia, orang-orang dari berbagai negara pun berusaha belajar bahasa Inggris. Sehingga, tingkat pemakaian bahasa Inggris pun terus bertambah.

Kalau sudah begini, besar kemungkinannya bahasa Inggris masih berada di posisi teratas sebagai bahasa internasional untuk kedepannya.

Bagaimana Reader’s, apakah kamu ada pertanyaan seputar kenapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional? Atau mungkin kamu punya ide untuk artikel selanjutnya? Kalau kamu punya pertanyaan maupun pernyataan, jangan ragu buat komen di kolom komentar, oke? Sampai sini dulu artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *