Cara Menghilangkan Rasa Takut Belajar Bahasa Inggris

Cara Menghilangkan Rasa Takut Belajar Bahasa Inggris

Cara Menghilangkan Rasa Takut Belajar Bahasa Inggris – Tahukah kamu bahwa menguasai bahasa asing punya banyak sekali efek positif. Selain membuat kerja otak semakin baik, bisa berbahasa asing membuat kita semakin update. Misalnya, dengan menguasai berbahasa inggris kita bisa membaca berita dari seluruh dunia yang menggunakan bahasa Inggris. Kita juga bisa ngobrol dengan semua orang dari seluruh belahan dunia, karena bahasa inggris adalah bahasa internasional yang juga digunakan oleh masyarakat dari berbagai negara. Kesempatan kerja dan pendidikan di luar negeri terbuka lebih lebar bagi mereka yang bisa berbahasa inggris. So, jika saat ini kamu belum menguasai bahasa Inggris, satu-satunya yang perlu kamu lakukan adalah: BELAJAR!

Namun sayang belajar Bahasa Inggris sering kali menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang seperti takut salah saat berbicara, takut kehabisan kosa-kata, takut ditertawakan, atau sampai takut untuk belajar bahasa Inggris, ini gak boleh dibiarkan supaya kemampuan kita tetap meningkat, lho! Berikut tips cara menghilangkan rasa takut belajar bahasa Inggris.

a. Kenali Rasa Takutmu!

Pertama-tama, tanyakan sama diri sendiri. Kenapa sih kamu takut? Misalnya, karena takut orang-orang ngetawain kamu saat ngomong menggunakan bahasa inggris, lupa apa yang akan dibicarakan, tidak mengerti apa yang lawan bicara katakan, takut gak bisa ngomong sama native english speaker, takut salah grammar, kehabisan vocab. Tidak ada salahnya kamu mengidentifikasi apa yang sebenarnya kamu takutkan. Bolehlah, ditulis dan dibuat listnya (kalau banyak). Dengan begitu, kamu bisa mengevaluasi diri lalu memperbaiki semua kekurangan tersebut.

Salah satu contohnya, jika kamu takut ngomong dengan native speaker, kamu bisa memaksakan diri untuk mulai chatting dengan orang asli Amerika dengan menggunakan bahasa Inggris. Dengan memulainya dalam kondisi terpaksa, lama kelamaan kamu akan terbiasa. Dan kamu juga bisa menilai bagaimana ekspresi native speaker ketika kita masih minim vocab. Ini akan mengurangi rasa takut yang sebenarnya hanya ada di kepala dan belum tentu terjadi.

b. Mengontrol Diri Sendiri

Setelah kalian mengenali rasa takut yang kalian miliki dengan mengontrol diri dan melakukan evaluasi terhadap cara berkomunikasi kalian dalam bahasa Inggris, maka kalian bisa meminimal kesalahan. kalian harus menyakinkan diri sendiri hal terburuk bisa didapatkan saat kalian membuat kesalah. Hal itu adalah kritikan. Walaupun terasa buruk, sebenarnya suatu kritikan bisa menjadi semangat bagi kalian untuk memperbaiki diri sendiri.

c. Berfikiran Positif

Lawan semua rasa takut dengan Berfikiran Positif. Kamu bisa memasang tulisan-tulisan motivasi di kamar atau ruang belajarmu, yang terjangkau oleh mata kita agar tiap kali ada perasaan negative, bisa diredam dengan semangat dari quotes atau kalimat motivasi tersebut.
terus tumbuhkan pikiran positif disetiap kamu mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris.

d. Yang paling penting, jadilah nyaman!

Sejujurnya, bukan grammar dan segala peraturan bahasa Inggris yang membatasi keberanianmu. Ini adalah soal kenyamanan. Sejauh mana kamu percaya diri untuk berbicara?

Kalau nyaman, kamu pasti tak akan menghiraukan komentar orang lain. Jika nyaman, kamu tak akan menjadikan aturan berbahasa sebagai palang untuk menghentikanmu. Kamu hanya punya niat dan rasa percaya kalau orang pasti paham akan maksudmu.

Itulah tips agar kamu tak takut lagi berbicara bahasa Inggris. Sekali lagi, jangan lupa nyaman pada dirimu sendiri. Walaupun kemampuanmu ada di level dewa, jika tak nyaman, kamu pun tak akan memulai sepatah kata pun untuk diutarakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *