Kesalahan Kesalahan dalam Belajar Bahasa Inggris

Kesalahan Kesalahan dalam Belajar Bahasa Inggris

Kesalahan Kesalahan dalam Belajar Bahasa Inggris

Hello Fellas! Bertemu lagi dengan Saya, Miss Nadia. Hmm.. Miss yakin kalian semua ingin belajar Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Akan tetapi, terkadang berdasarkan pengalaman pribadi meskipun kita sudah belajar dengan metode yang menurut kita “tepat” akan tetapi masih ada beberapa poin yang kita kurang paham. Nah, Miss Nadia akan kasih tau nih kesalahan-kesalahan yang menyebabkan Anda kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris yang mungkin dapat Anda kendalikan dan perbaiki nantinya. Simak baik-baik ya Teman-teman.

  1. Belajar sambil main game atau hal lain yang dapat mengganggu konsentrasi

Sebenarnya, belajar sambil bermain itu banyak manfaatnya, tapi kita harus selektif dalam melakukan aktivitas yang kita sukai sambil belajar. Kita boleh saja menggunakan aplikasi game online untuk belajar Bahasa Inggris atau yang berhubungan dengan pelajaran. Contoh: Kahoot!, Quizziz dan sebagainya. Saran Saya jika Anda sedang belajar untuk tujuan yang serius, contohnya pada saat ujian, Anda disarankan untuk fokus terhadap materi yang dipelajari. Hindari bermain game yang tidak berhubungan dengan materi yang dipelajari agar materi tersebut mampu diserap oleh daya ingat kita.

  1. Lingkungan belajar yang tidak kondusif

Lingkungan yang tidak kondusif, contohnya: kebisingan, pengaruh faktor eksternal yang merupakan efek “Labelling”. Efek “labelling” dapat berupa perspektif lingkungan yang terlalu inklusif. Contohnya, Terdapat orang yang beranggapan belajar bahasa Inggris itu susah dan meremehkan kemampuan kita untuk belajar Bahasa Inggris membuat kita merasa terganggu konsentrasinya untuk belajar dengan baik.

  1. Hanya mengandalkan belajar vocabulary yang mudah dari buku materi

Kosa kata dalam Bahasa Inggris sangat banyak dan mudah ditemukan, bahkan dalam kehidupan sehari-hari pun sudah cukup banyak. Jika hanya mengandalkan sample kosa kata dari buku materi, maka wawasan kita menjadi terbatas. Sebaiknya, jika mau belajar kosa kata dalam Bahasa Inggris mulailah terlebih dahulu dari apa yang kita lihat dan lakukan sehari-hari.

  1. Menghafal kosa kata dalam semalam

Kita tidak bisa menghafal kosa kata dalam semalam. Daya ingat kita akan gampang menurun. Sebaiknya, menghafal 1-10 kosa kata sehari dan dimulai dari tingkatan mudah sampai advanced

  1. Minimnya kompetensi dan keahlian tenaga pengajar

Siswa haruslah selektif dalam memilih guru sebagai pembimbing siswa dalam belajar. Ketika menemukan guru yang tidak kompeten dalam mengajar bahkan mengajar siswa dengan metode yang tidak efektif berpotensi bagi siswa tersebut untuk mencerna materi dengan tingkat pemahaman yang relatif rendah.

  1. Malas berusaha dan tidak percaya diri untuk belajar

Faktor internal yang memicu terjadi kesalahan dalam belajar adalah ketidakpercayaan diri. Misalnya, pada saat belajar, kalian takut apabila meskipun sudah belajar akan mendapat nilai rendah. Selama kita belajar dengan baik diiringi dengan kekuatan doa, usaha yang kalian tekuni akan berbuah manis

Oke Teman-teman, itu saja dari penyebab utama kesalahan dalam belajar Bahasa Inggris. Jika kita sudah dapat mendeteksi dan memperbaikinya, Insya Allah akan ada solusi yang terbaik untuk kita lebih berusaha dan mencapai keberhasilan.

Tetap semangat dan terus berusaha ya!

Pankrasia Nadia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *