Perbedaan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui – Heyho… Rangers apakah kamu merasa bahwa bahasa Inggris itu sulit? Belajar Bahasa Inggris memang nggak semudah membalikkan telapak tangan. Terkadang walaupun kamu sudah belajar melalui youtube atau mendengarkan musik kita masih sering salah baik dalam pengucapan mauapun dalam mengerjakan soal. Hal ini tentu wajar saja dilakukan terlebih lagi bagi kita yang bukan menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

Nah pada artikel kali ini agar kamu lebih meudah dalam mempelajari Bahasa Inggris, kita akan membahas perbedaan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang wajib kamu ketahui. Simak sampai selesai ya..

1. Kata kerja

Verb tenses atau kata kerja jika dalam bahasa Indonesia memiliki aturan tata bahasa yang terbilang mudah untuk dipelajari karena penggunaannya tetap sama dalam semua situasi baik itu masa lalu/lampau, saat ini/sekarang, masa depan/ yang akan datang. Berbanding terbalik dengan bahasa Inggris yang memiliki lebih dari 15 tenses yang berbeda. Untuk menguasai kata kerja dalam bahasa Inggris tentu akan lebih sulit tapi bukan berarti tidak bisa ya.

2. Pasif dan Aktif

Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia sama-sama memiliki kalimat aktif dan juga pasif. Nah, dalam Bahasa Indonesia kalimat pasif lebih sering digunakan dibandingkan kalimat aktif. Sedangkan, dalam Bahasa Inggris lebih banyak menggunakan kalimat aktif. Terutama ketika terfokus pada obyek. Contoh :

The last slice of cake was eaten by my mother.

Kalimat pasif di atas terdengar bertele-tele dan tidak efektif dibandingkan dengan menggunakan bentuk aktif:

My brother at the last slice of cake.

3. Kata ganti

Dalam Bahasa Inggris kata ganti orang tunggal akan mengalami perubahasan saat ia menjadi objek mauapun subjek. Berbeda dengan Bahasa Indonesia, bahasa Indonesia tidak akan mengalami perubahan seperti Bahasa Inggris tadi, Tak perduli dia sebagai subjek ataupun objek. Coba perhatikan contoh berikut agar kamu lebih mudah memahaminya.

Contoh 1 :

He buys vegetable at the market
Dia (laki-laki) membeli sayuran di pasar

Contoh 1 :

Aldo gives her a car key
Aldo memberi dia (perempuan) sebuah kunci mobil.

Nah, gimana dari kedua contoh diatas tentu kamu udah taukan perbedaan kata ganti yang ada dalam Bahasa Inggris?

4. Sintaksis

Merupakan susunan kata-kata dalam sebuah kalimat, di mana dalam bahasa inggris dan bahasa Indonesia terlihat sangat mirip saat digunakan dalam frase sederhana, namun akan berbeda jika ini dalam bentuk pertanyaan dan frase kata sifat.

Sebagai contoh pertanyaan dalam bahasa Inggris yang dimulai dengan 5W1H (who, what, when, why, where, how) diikuti dengan kata kerja lalu subyek, atau dalam pertanyaan Iya/tidak, dimulai dengan kata kerja diikuti dengan subyek:

What are you eating? / Are you eating?

Dalam bahasa Indonesia, pertanyaan dimulai dengan subyek:

Kamu makan apa? / Kamu mau makan?

Sementara itu, untuk frasa kata sifat di kedua bahasa tersebut memiliki aturan yang berlawanan. Dalam bahasa Inggris, kata sifat berada sebelum kata benda, namun untuk bahasa Indonesia, kata benda berada diawal:

black car / mobil hitam

5. Bentuk jamak

Bahasa Inggris jamak sedikit lebih membingungkan jika dibandingkan dengan Bahasa Indonesia. Pertama, mereka terbagi menjadi dua kategori: kata benda beraturan dan tidak beraturan. Caranya cukup dengan menambahkan -s atau -es seperti cars, paintings, potatoes and glasses – itu bagian mudahnya.

Berbagai hal bisa terjadi pada kata benda jamak yang tidak beraturan, dari yang sedikit perubahan seperti contoh (knife-knives, wolf-wolves, woman-women) dan yang lebih membingungkan misalnya (child-children, person-people, mouse-mice, foot-feet), lalu contoh perubahan yang terdengar agak aneh (cactus-cacti, phenomenon-phenomena). Lalu ada pula yang tidak perlu diganti, contohnya sheep, deer, species and offspring.

Bahasa Indonesia masih yang jauh lebih mudah dipelajari termasuk untuk mendeskripsikan objek yang lebih dari satu: hanya dengan pengulangan seperti buku buku atau anak anak, atau dengan menambahkan plural determiner/kata bantu jamak (banyak lukisan, para penonton dan sejumlah toko).

Banyaknya perbedaan antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia tentu membuatnya menjadi lebih sulit dipelajari oleh sebagian orang. Namun, sulit bukan berarti tidak bisa ya…

Yuk, asah terus kemampuan berbahasa Inggris kamu dengan baca tips & trik serta artikel menarik lainnya di Blog English Academy.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *