Tips Lulus Tes TOEFL dengan Nilai Tinggi

Tips Lulus Tes TOEFL dengan Nilai Tinggi

Tips Lulus Tes TOEFL dengan Nilai Tinggi

Banyak diluar sana yang belajar bahasa Inggris atau bahkan sampai ikut kursus bahasa Inggris karena ingin lulus tes TOEFL. Nah bagi kamu yang belum tahu apa itu tes TOEFL, TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language.

Tes TOEFL adalah tes yang akan menguji kemampuanmu dalam berbahasa Inggris dari empat aspek berbeda yaitu: listening, reading, writing, dan speaking.

TOEFL sendiri menjadi syarat yang penting untuk melamar pekerjaan atau untuk syarat masuk perkuliahan di beberapa universitas baik dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk mendapatkan nilai tinggi dalam tes ini, kamu perlu belajar untuk mempersiapkan diri agar bisa menjalani tes dengan baik. Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar mendapatkan nilai yang baik dalam tes TOEFL dari English Academy:

1. Pelajari format tes TOEFL dengan baik

Tes TOEFL memiliki tiga jenis yaitu PBT (Paper-Based Test), IBT (Internet-based Test), dan CBT (Computer Based Test). Tes TOEFL PBT dan IBT meliputi tes membaca (reading), menyimak (listening), berbicara (speaking), dan menulis (writing).

Masing-masing tes memiliki tenggat waktu dan soalnya tersendiri. Misalnya untuk tes menulis PBT, peserta akan diminta untuk membuat sebuah esai sepanjang 200-300 kata dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Sedangkan untuk tes membaca iBT, peserta akan diminta untuk membaca 3-4 wacana yang disajikan, setelah itu peserta akan diminta untuk menjawab pertanyaan seputar wacana tersebut. Biasannya peserta akan ditanyakan soal pokok pikiran, kosa kata dalam wacana, inti dari isi wacana, dan lain sebagainya.

2. Buat Target Durasi Belajar

Kamu sudah tahu berapa nilai yang harus kamu capai, kamu pun sudah tahu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Sekarang, waktunya membuat target durasi belajar. Hal ini dimaksudkan agar kamu tahu berapa lama kamu harus belajar dan berlatih sehingga kamu tidak hanya mempelajari satu bagian saja.

Contohnya : membaca 2 jam dalam sehari, bicara 2 jam dalam 1 hari, menulis 1 jam dalam sehari, menyimak 2 jam dll.

Cari tahu dibagian mana yang menjadi kelemahan kamu, dan tentukan target dan durasi belajar sesuai dengan kemampuanmu, tidak perlu dalam sehari sekaligus, Kamu bisa menyicilnya.

3. Belajar dengan orang lain

Tidak ada salahnya bertanya mengenai pengalaman tes TOEFL pada orang yang sudah mencobanya. Kamu bisa mendapatkan pengalaman mereka ketika mengerjakan soal dan bisa bertanya tips agar lulus dengan skor tinggi. Setidaknya, dengan bantuan orang lain, proses belajar bisa lebih cepat, dan kamu pun bisa mengerti apa saja kekurangan yang perlu kamu perbaiki.

4. Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Kursus bahasa Inggris dapat sangat membantumu belajar, mereka sudah memiliki program dan perencanaan belajar untukmu. Kamu tinggal mengikuti dan berlatih disana. Untuk mendapatkan kursus bahasa Inggris terbaik dengan akreditasi (A), kamu bisa klik disini!

5. Melakukan praktik tes

Sebelum mengerjakan tes yang sesungguhnya, lebih baik melakukan tes praktik untuk mengukur dan memprediksi kondisi dan situasi saat tes nanti. Selain itu, kamu juga bisa mengukur apakah dengan waktu dan soal tes yang diberikan, kamu bisa menyelesaikannya dengan baik.

Jika perlu, lakukan praktik tes ini selama beberapa kali sebelum melakukan real-test TOEFL. Dengan begitu, kamu akan terbiasa dengan kondisi tes dan lebih tenang saat mengerjakan tes yang sesungguhnya. Klik disini untuk melakukan TOEFL Prediction

Nah itulah, Tips Lulus Tes TOEFL dengan Nilai Tinggi dari English Academy.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, kamu sudah pasti akan mendapatkan nilai yang tinggi dalam TOEFL nantinya.

Salam sukses dan selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *