Tips Mudah Belajar TOEFL di Rumah

Tips Mudah Belajar TOEFL di Rumah

Tips Mudah Belajar TOEFL di Rumah – Sebagian besar dari kita pasti sudah tau apa itu TOEFL. TOEFL sudah sangat populer sebagai salah satu syarat untuk melanjutkan studi ke negara-negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya.

Tidak hanya itu, TOEFL juga kini telah menjadi salah satu syarat kelulusan bagi sebagian perguruan tinggi di Indonesia. Kasihan memang mahasiswa, sudah lelah memperjuangkan skripsi, harus rela belajar ekstra untuk mengejar skor TOEFL melebihi batas minimal yang ditentukan.

TOEFL juga telah menjadi syarat bagi pendaftaran beasiswa baik S1, S2, dan S3, dalam negeri maupun luar negeri.
TOEFL merupakan standar ukuran kemampuan bahasa Inggris seseorang, terutama dari aspek reading (membaca), listening (mendengarkan), speaking (berbicara), dan writing (menulis). Seseorang dinilai memiliki skill berbahasa Inggris yang cukup baik jika berhasil memenuhi standar nilai tertentu.

TOEFL dibagi menjadi 3 jenis, yaitu TOEFL Paper-Based Test (PBT), TOEFL Computer-Based Test (CBT), dan TOEFL iBT (Internet-Based Test).

Dari ketiga jenis ini, PBT dan IBT paling sering digunakan dalam tes seleksi studi di luar negeri. Nah, untuk kamu yang berniat melanjutkan sekolah ke luar negeri, skor TOEFL yang baik menjadi salah satu syarat penting! Oleh karena itu, English Academy hadir memberikan Tips Mudah Belajar TOEFL di Rumah!

TOEFL Menjadi Syarat Lulus Kuliah

Baca Juga : TOEFL Menjadi Syarat Lulus Kuliah

1. Luangkan waktu setiap hari untuk latihan

Percuma saja kalau kamu hari ini belajar, tapi besok dan lusa kamu “bolos” belajar. Jika kamu ingin terbiasa dengan soal-soal tes dari TOEFL, kamu juga perlu membiasakan diri untuk rutin latihan. Mulai dari tes listening, structure, dan reading. Kamu harus ingat, practice makes perfect! Di mana kira-kira kamu bisa mendapatkan soal-soal latihan dari TOEFL? Kamu bisa membeli buku di toko buku atau mencarinya online. Dua-duanya bisa membantu kok.

2. Menonton Film atau Mendengarkan Musik Berbahasa Inggris

Kita bisa menyisihkan setidaknya 2 jam setiap hari untuk mendengarkan lagu ataupun melihat film berbahasa Inggris. Pilihlah film-film cenderung menggunakan bahasa formal, seperti film dokumenter yang dapat diperoleh secara legal di YouTube atau pun si Jainal televisi berbayar.

Cara belajar TOEFL semacam ini akan meningkatkan kemampuan listening kita dalam mengenali kata-kata bahasa Inggris. Apabila kita cukup rajin, kita juga dapat memperhatikan bagaimana kata-kata dalam sebuah komunikasi atau syair lagu, demi meningkatkan kemampuan gramatikal kita.

Meskipun begitu, harus kita pahami bahwa gramatikal yang ada pada lirik lagu sangatlah membingungkan karena kemungkinannya ditulis menggunakan “pelanggaran aturan kebahasaan”. Gunakan lagu lagu hanya untuk mempertajam kemampuan listening atau vocabulary.

3. Perbanyak Komunikasi Menggunakan Bahasa Inggris

Jangan menunggu hingga kita benar-benar untuk mempraktekkan langsung kemampuan yang kita miliki, karena sejatinya kita tidak akan pernah siap. Akan lebih baik apabila kita “langsung” berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan kemampuan yang kita miliki.

Yang terpenting adalah, jangan marah ataupun malu Apabila ada seseorang yang menegur atau mengkoreksi kemampuanmu. Gunakan hal tersebut untuk memperbaiki kemampuan.

4. Perbanyak penguasaan vocabulary

Hal kecil tapi umum yang sering dilakukan saat berbicara atau menulis bahasa Inggris adalah saat kita kehabisan vocabulary / kosa kata. Banyak cara untuk dapat menguasai kosa kata bahasa Inggris salah satunya dengan latihan membaca buku dalam bahasa Iggris. Kamu juga bisa membawa kamus kecil untuk kamu baca saat memiliki waktu senggang.

Nah, itu dia tadi Tips Mudah Belajar TOEFL di Rumah yang bisa kamu coba untuk latihan TOEFL secara otodidak. Semoga bermanfaat ya!

“Untuk kamu yang ingin maksimal dalam belajar toefl secara otodidak, kamu bisa bergabung bersama English Academy Speaking Active. Nikmati juga promo menarik lainnya, ya! Klik di sini untuk mendapatkan promonya”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *