Tips Sukses Lolos Wawancara Kerja Bahasa Inggris

Tips Sukses Lolos Wawancara Kerja Bahasa Inggris

Tips Sukses Lolos Wawancara Kerja Bahasa Inggris

Tips Sukses Lolos Wawancara Kerja Bahasa Inggris – Saat yang paling menegangkan bagi seorang pencari kerja adalah ketika mendapatkan kesempatan untuk wawancara. Hal ini menandakan bahwa kamu sudah dekat dengan pekerjaan tersebut.

Namun, biasanya akan muncul rasa menegangkan sebelum wawancara berlangsung. Nah, bagaimana jadinya jika wawancara tersebut menggunakan Bahasa Inggris tentu akan membuat kita merasa dua kali lipat lebih tegang dari sebelumnya.

Kamu tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut, karena saya sudah menyiapkan beberapa Tips Sukses Lolos Wawancara Kerja Bahasa Inggris, silahkan disimak.

 

1. Riset lebih dalam tentang perusahaan

Poin pertama hampir sama seperti wawancara pada umumnya, yaitu melakukan riset mengenai perusahaan tersebut. Kamu dapat memulainya dari  websitenya atau sosial media dari perusahaan.

Tujuan kamu melakukan riset adalah untuk mengenal bagaimana kinerja perusahaan, apa goals atau tujuan perusahaan, proyek apa yang sedang dikerjakan serta tim dan juga struktur organisasi yang ada dalam perusahaan tersebut. Inti dari riset ini, kamu translate kedalam bahasa Inggris agar saat ditanya kamu dapat menjabarkanya secara menyeluru.

2. Pelajari Cara Menjawab Pertanyaan

Pertanyaan yang ditanyakan HRD cenderung sama dengan pertanyaan menggunakan bahasa Indonesia. Disini saya sudah merangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan HRD dalam bahasa Inggris yang dapat kamu pelajari :

  • Memperkenalkan diri

Dalam wawancara menggunakan bahasa Inggris , hal pertama yang dilakukan HRD adalah :

Can you tell me about yourself? (Bisakah ceritakan tentang diri Anda?)

pertanyaan ini mungkin sangat sering kita dengar bahkan sejak duduk dibangku sekolah dasar, dan mungkin pertanyaan ini juga terdengar sangat sederhana, tapi kita harus menjawabnya secara detail dan tidak boleh keluar dari konteks pertanyaan tersebut misalnya menjelaskan latar belakang keluarga atau semacamnya, Cukup jawab dengan memperkenalkan diri dan pengalaman kerja yang kamu miliki.

  • Kelebihan dan kekurangan diri

Setelah kamu memperkenalkan diri, HRD akan menanyakan kelebihan yang kamu miliki misalnya :

Why should we hire you? (Kenapa kami harus merekrut Anda?)

What’s your experience and achievement  in this role? (Apa pengalaman dan pencapaian yang kamu miliki di posisi ini?)

Nah, cara menjawabnya kamu bisa ceritakan kelebihan yang kamu miliki dalam bekerja menggunakan bahasa Inggris tentunya. Tunjukan kelebihan kamu, dan katakan bahwa kelebihan kamu akan membawa dampak besar bagi perusahaan.

Jika kamu memiliki kekurangan, coba kamu renungkan sebelum wawancara dan cari solusinya serta jelaskan dalam bahasa Inggris saat wawancara.

  • Pengetahuan mengenai perusahaan

Ini adalah point penting dari melakukan riset di point no 1 yang saya jelaskan diawal. Jika kamu telah melakukan riset kamu tentu akan menjawab pertanyaan ini dengan sangat mudah, bahkan mungkin kamu bisa menjawab lebih dari pada itu.

  • Berapa gaji yang kamu inginkan

Nah, bagaimana dengan pertanyaan yang satu ini, bagi sebagian orang pertanyaan ini menjadi salah satu pertanyaan tersulit untukk dijawab. Biasanya HRD akan bilang begini :

What are your salary expectations? (Berapa ekspektasi gaji kamu?) atau (Kamu mau gaji berapa?

kamu tidak perlu tegang saat pertanyaan ini muncul. Kamu bisa menjawabnya dengan sopan dan menyebutkan kisaran harga yang sesuai dengan dikinerja yang kamu lakukan sehingga kamu layak mendapatkan gaji tersebut.

3. Perhatikan Penggunaan Bahasa Inggris saat Wawancara

Wawancara kerja bisanya menggunakan bahasa formal. Jadi, gunakanlah kosakata dan kalimat yang profesional dan terdengar sopan. Misalnya :  it’s nice to see you, I’m glad to be here, dan thank you for your opportunity that I’m invited to this interview.

4. Jangan Panik!

Ini merupakan hal yang paling sering terjadi saat wawancara baik menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Banyak orang saat wawancara kerja mereka sudah merasakan deg-degan, takut dan panik

Solusi jika kamu mulai panik saat wawancara kerja adalah ambil nafas dan buat jeda kisaran 10 detik untuk menyusun kata diotak dan menenangkan diri. Dengan begitu kamu akan merasa nyaman dan ingat kembali poin-poin yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Saat kamu sudah tenang perlihatkan senyum didepam HRD dan kembalilah untuk percaya diri.

 

Jika kamu masih merasa kurang percaya diri dengan wawancara yang akan segera kamu hadapi, mari belajar bahasa Inggris untuk melatih kemampuan kamu saat speaking didepan HRD bersama English Academy. Kamu akan dihadapkan langsung dengan tutor yang sudah tersertifikasi dan berpengalaman dibidangnya lho.

Jadi tunggu apalagi, gabung sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *