Memanfaatkan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Memanfaatkan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Dalam proses belajar mengajar Bahasa Inggris, tidak sedikit guru yang berusaha membantu siswa mereka agar mampu menguasai bahasa Inggris. Seperti selalu berharap agar siswa mereka fasih berbicara (conversation) atau pandai berdiskusi dalam bahasa Inggris.

Seorang guru harus memiliki keterampilan dan sumber yang banyak untuk mengajar di dalam kelas agar dapat membuat siswa memiliki pengetahuan dasar. Salah satu sumber yang efektif dalam sebuah pembelajaran adalah dengan menggunakan media (instructional aids). Media merupakan salah satu faktor penting untuk mendukung suksesnya proses pembelajaran didalam kelas.

 

Memanfaatkan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Pemanfaatan Media Dalam Belajar Bahasa Inggris

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, pemanfaatan media sangat disarankan karena, dapat membatu siswa dalam :

  • Membantu menyederhanakan proses pembelajaran bahasa Inggris
  • Siswa jadi termotivasi dan minat belajar bahasa Inggris
  • Membuat siswa mudah memahami apa ang disampaikan oleh guru
  • Membuat proses belajar lebih menarik dan interaktif

Salah satu media yang dapat dijadikan untuk belajar adalah gambar. Gambar bisa dijadikan sebuah media untuk mengajar terhadap peserta didik. Hal ini dikarenakan gambar dapat menterjemahkan sebuah informasi agar lebih mudah dipahami. Kita menyimpulkan sesuatu atau berpendapat tidak hanya diperoleh dari mendengar atau membaca saja, tetapi juga dari apa yang kita lihat disekeliling kita.

Gambar yanbg digunakan untuk proses belajar mengajar juga bukan yang asal-asalan yaa, Karena gambar disini juga harus memenuhi kriteria diantaranya adalah :

Baca Juga : Cara mengajarkan bahasa Inggris pada anak di rumah?

 

Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

 

1. Easy to prepare (mudah disiapkan)

Apakah gambarnya mudah dibuat? Jika sulit untuk disiapkan atau memakan waktu dua atau tiga jam untuk menyiapkannya untuk sebuah kegiatan dimana kita perlu waktu banyak untuk kelas yang lain, maka media itu tidak layak untuk dibuat.

Jadi sebaiknya, gambar yang kita buat itu harus mudah dibuat bahkan mudah didapatkan serta murah harganya.

2. Easy to organize (mudah digunakan atau dioperasikan)

Apakah media tersebut mudah digunakan di kelas?. Jika sulit untuk dibawa, atau sulit untuk digunakan di kelas, akan merepotkan guru sendiri maupun bisa menyita waktu di kelas.

3. Interesting (menarik)

Apakah medianya menarik bagi siswa dan guru?. Penggunaan buku teks mungkin lebih cepat dilakukan namun ada kalanya tidak selamanya menarik untuk digunakan.

Meaningful and Authentic (bermakna dan otentik)
Apakah gambar yang digunakan relevan dengan konteks dan tujuan pembelajaran? Jika sesuai maka media tersebut sudah dikatakan bermakna.

Sufficient amount of language (Dapat menambah atau mengembangkan kemampuan berbahasa)
Apakah setelah menggunakan media gambar siswa lebih baik dari pada tidak menggunakan gambar? Bila dengan gambar siswa lebih memahami pembelajaran, dan mereka bisa lebih termotivasi lagi untuk belajar, misalnya untuk mengemukakan pendapat (speaking) sisw jadi lebih berani maka penggunaan gambar tersebut sangatlah tepat.

Hadirnya media gambar sangat penting sebagai sarana untuk menjembatani berhasilnya tujuan pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya speaking.

Ada beberapa peranan gambar dalam pembelajaran speaking yang sangat perlu  dipahami, diantaranya:

  • Gambar dapat memotivasi siswa dan membuat mereka memperhatikan serta ingin ikut serta dalam proses pembelajaran bahasa Inggris
  • Berkontribusi untuk menjadi acuan dalam percakapan ataupun bercerita.
  • Dapat menyediakan informasi yang akan menjadi bahan diskusi siswa.

Melihat dari pentingnya manfaat penggunaan media gambar dalam pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya speaking diahrapkan nantinya dapat memotivasi para guru Bahasa Inggris untuk mengajar lebih baik lagi, inovatif, menarik, dan bermakna.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *